Sunday, November 29, 2009

Dolog Ruteng Akui Kurang Isi Kemasan

RUTENG, POS KUPANG.Com-- Dolog Ruteng mengakui ada kekurangan isi dalam setiap kemasan jatah beras raskin yang dibagikan kepada warga Dusun Beo Rahong, Desa Beo Rahong, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai.

Kekurangan isi dalam setiap kemasan sekitar 0,5 kg. Kepala Divre Dolog Ruteng, Drs. Tikno Adhi, melalui Kepala Pengawasan, Hasnadaya Mansuetus, menyampaikan hal itu saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (23/11/2009). Dia ditemui terkait hasil uji petik kemasan raskin di wilayah Beo Rahong yang dipersoalkan masyarakat.

Menurut Mansuetus, hasil timbang kemasan ditemukan adanya kekurangan jatah raskin sekitar 0,5 kg dalam setiap kemasan. Kekurangan tersebut bukan unsur kesengajaan, tapi patut diduga adanya penurunan kadar air dalam setiap kemasan. Sebab sejak raskin diadakan hingga pendropingan hampir lima sampai enam bulan parkir dalam gudang.

Dia menyebutkan, ada 426 karung yang ditimbang ulang dengan kekurangan 270 kg. Kekurangan tersebut akan segera diganti. "Kita timbang dengan alat yang direkomendasikan Dinas Perdagangan dan Perindustrian. Kekurangan jatah raskin akan segera kita ganti," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Sabtu (21/11/2009), beberapa warga Purek, Dusun Beo Rahong, Desa Beo Rahong, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai protes jatah raskin yang mereka terima. Pasalnya, dari total jatah 50 kg mereka hanya mendapat jatah 12,5 kg sampai 13 kg/karung dari jatah yang harus mereka terima. Mereka minta Pemkab Manggarai segera mengatasinya sehingga masyarakat bisa terbantu.

Damianus Ambur, Bernardus Tagu, Rofinus Sagu, Nikolaus Jemadu, Theodorus Jeparut, Nikolaus Naku dan beberapa warga kepada Pos Kupang di Ruteng, Jumat (20/11/2009), menjelaskan, harga per kg raskin Rp 1.800,00 sehingga jatah bagi 74 KK dibagi seberat 50 kg dengan dana Rp 90.000,00. Dana tersebut sudah diserahkan warga secara utuh. Namun saat pendropingan raskin beberapa warga curiga volume beras dalam karung kurang.

Untuk menguji jatah beras, beberapa warga menimbang ulang. Hasil timbang beras yang didroping tidak sesuai jatah. Beras yang ada dalam karung sekitar 12,5 kg sampai 13 kg. Karena itu warga sepakat mendatangi pemerintah daerah mempersoalkan hal itu sekaligus minta menggenapi jatah raskin hak masyarakat. (lyn)

No comments:

Post a Comment

LAGU INDO-BARAT

1. Bad Man